Perang Dagang, China Peringatkan Warganya Terkait Risiko Belajar di AS

55 sec read

China memperingatkan para siswa dan akademisi yang terkait risiko belajar di Amerika Serikat. Televisi pemerintah mengutip Kementerian pendidikan Tiongkok pada Senin, 3 Juni 2019 mengatakan bahwa beberapa dari mereka yang ingin belajar di AS telah mengalami masalah. Khususnya, berkaitan dengan durasi visa yang terbatas dan peningkatan penolakan visa.

Baca Juga

Hal ini terjadi di tengah perang China-AS, melansir Channel News Asia pada Senin (3/6/2019). Hubungan antara keduanya menukik karena konflik perdagangan mereka, sanksi AS terhadap perusahaan teknologi Tiongkok Huawei Technologies, ketegangan adi Laut China Selatan, serta dukungan AS untuk Taiwan yang diklaim Tiongkok.
“Hal ini telah memengaruhi siswa-siswa China yang akan belajar di Amerika Serikat atau yang akan menyelesaikan studi mereka,” tambah televisi pemerintah.

“Kementerian pendidikan mengingatkan siswa dan akademisi tentang perlunya memperkuat penilaian risiko sebelum belajar di luar negeri, meningkatkan kesadaran pencegahan, dan membuat persiapan yang sesuai.”

Menurut data, sekitar US$ 14 miliar kegiatan ekonomi China ke AS berupa biaya kuliah yang dihasilkan setiap tahun dari 360.000 warga Negeri Tirai Bambu.
Hu Xijin, editor surat kabar China Global Times mengaitkan peringatan dari pemerintah itu dengan diskriminasi terhadap pelajar dan perselisihan perdagangan baru-baru ini.

“Peringatan ini adalah tanggapan terhadap serangkaian tindakan diskriminatif yang baru-baru ini diambil AS terhadap pelajar Tiongkok dan juga dapat dilihat sebagai tanggapan terhadap perang dagang yang diprakarsai AS,” tulis Hu di akun Twitter-nya dalam bahasa Inggris.

Tahun lalu, kedutaan besar China di Washington mengeluarkan imbauan keamanan untuk warga negara China yang bepergian ke AS. Saat itu, pemerintah memperingatkan para wisatawan untuk mengetahui masalah termasuk tagihan medis yang mahal, ancaman penembakan dan perampokan, serta pencarian dan penyitaan oleh agen bea cukai.

Baca Juga

5 Cara Ampuh Mengobati Demam

     Hampir semua orang di dunia ini pernah mengalami demam. Demam sebenarnya bukanlah suatu penyakit. Demam adalah gejala yang menandakan tubuh sedang melawan...
MusaBA
1 min read

Malware kecil ini merupakan alasan Kamu wajib instal aplikasi…

Malware merupakan aplikasi jahat, bahkan diantaranya ada yang mempunyai kemampuan untuk mengembalikan diri meski perangkat kamu telah di reset ke setelan pabrik. Baca Juga...
MusaBA
1 min read

Studi : Kambing dapat membedakan emosi dari panggilan satu…

Baca Juga Hewan dapat membedakan antara panggilan bahagia dan sedih dan memiliki reaksi yang berbeda Mereka dikenal karena melahap kaus kaki dari jemuran tali...
MusaBA
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!