Huawei memperkenalkan sistem operasi pertama, HarmonyOS

1 min read

Huawei sebagai penantang baru di dunia mobile melawan Microsoft, Mozilla, RIM, dan Samsung.

Sejak larangan ekspor administrasi Trump terhadap Huawei mengancam ponsel Android perusahaan, Huawei telah mengklaim bahwa ia tidak benar-benar bergantung pada Android dan dapat membuat sistem operasinya sendiri jika diperlukan. Hari ini, hentakan-hentakan Huawei mencapai volume baru dengan pengumuman “HarmonyOS,” sistem operasi lokal Huawei. Pada “Huawei Developer Conference 2019,” Huawei memberikan presentasi dalam bahasa Cina tentang HarmonyOS, yang hanya mencakup tinjauan umum OS yang samar-samar dan tidak ada screenshot maupun demonya.

HarmonyOS belum cukup menargetkan smartphone, dan OS pertama akan debut di “Honor Smart Screen” (yang terdengar seperti Echo Show atau Google Home Hub) dan Huawei TV. Huawei mengatakan ekspansi ke smartphone dapat terjadi sekitar tiga tahun ke depan, tetapi untuk saat ini, ia ingin tetap menggunakan Android.

Apakah sebenarnya HarmonyOS itu, perusahaan menggambarkannya sebagai “OS berbasis kernel mikro, OS yang didistribusikan untuk semua skenario.” Huawei mengatakan OS akan berjalan di berbagai faktor bentuk, dan perusahaan bahkan mengeluarkan klaim “write once, run everywhere” klaim bagi para pengembang aplikasi. Huawei sedikit membahas tentang “Kompetisi”nya, mengatakan bahwa kernel Linux Android menggunakan model penjadwalan sumber daya “targeting server load” dan sebagai hasilnya tidak ada kelancaran UI. Sebaliknya, Huawei berjanji Harmony akan memiliki UI yang lebih cepat dan lebih responsif. HarmonyOS akan menjadi open source, jadi semoga kita akan melihat beberapa review kode pihak ketiga setelah repo-nya diposting. 

XDA Developers pun ikut menghadiri acara peluncuran, dan mereka diberitahu oleh CEO Huawei bahwa OS tersebut tidak kompatibel dengan aplikasi Android, namun “very easy” mengubah aplikasi Android menjadi aplikasi HarmonyOS. Para pengembang perlu menggunakan IDE buatan Huawei yang belum dirilis yang akan mendukung C / C++, Java, dan Kotlin.

HarmonyOS mengingatkan kita pada banyak OS Tizen Samsung, dan sebagian besar tampaknya dikembangkan untuk alasan yang sama dan menuju jalan yang sama. Perusahaan perangkat keras yang mengakar merasa gugup karena terlalu mengandalkan Android. Sebagai tanggapan, hanya untuk memiliki sesuatu, ia mengembangkan sistem operasinya sendiri, yang sebagian besar digunakan sebagai chip tawar-menawar.

Samsung Tizen telah dianggap sebagai “Plan B” perusahaan dalam hal istilah Google Android terlalu menyesakkan, dan OS bahkan muncul pada satu atau dua ponsel. Tizen tidak bisa bersaing dengan Android, dan bahkan jika itu bisa, yang penting di pasar adalah aplikasi, bukan sistem operasi. Baik itu Harmony OS, Tizen, Windows Phone, Blackberry 10, Sailfish OS, Ubuntu Touch, Plasma Mobile, atau Firefox OS, sistem operasi ketiga dari siapa pun akan memiliki masalah besar di pasar karena tidak akan memiliki aplikasi.

So, apa yang akan kita nikmati ketika HarmonyOS benar muncul? Stay Tuned di Birru.Net..
Baca juga artikel terkait lainnya, ya! 

Fitur Fingerprint WhatsApp Sekarang di Android

WhatsApp Android sekrang telah merilis fitur baru, berupa kunci sidik jari untuk perangkat yang didukung. Fitur keamanan ini telah ada di perangkat iPhone sejak...
MusaBA
48 sec read

Malware kecil ini merupakan alasan Kamu wajib instal aplikasi…

Malware merupakan aplikasi jahat, bahkan diantaranya ada yang mempunyai kemampuan untuk mengembalikan diri meski perangkat kamu telah di reset ke setelan pabrik. Ada malware...
MusaBA
1 min read

Ini 13 Game Baru Yang Akan Segera Hadir di…

CNET Google beberapa waktu yang lalu telah mengumumkan layanan cloud gaming miliknya yang diberi nama Gogle Stadia. Diketahui dengan adanya layanan ini, para pengguna...
MusaBA
32 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *