5 Cara Ampuh Mengobati Demam

1 min read

     Hampir semua orang di dunia ini pernah mengalami demam. Demam sebenarnya bukanlah suatu penyakit. Demam adalah gejala yang menandakan tubuh sedang melawan suatu infeksi atau mengalami inflamasi. Ciri ciri orang yang mengalami demam adalah suhu tubuh yang meningkat kisaran 36°-38°C. Pada umumnya demam akan reda dengan sendirinya. Namun demam biasanya di ikuti oleh gejala lain seperti pusing,mual,sakit kepala,dan muntah yang membuat kita tidak nyaman. Oleh karena itu 5 cara di bawah ini dapat membantu anda mengatasi demam.

Baca Juga
1. Kompres Menggunakan Air Hangat
     
     Banyak orang salah mengira bahwa ketika mengalami demam si kompres menggunakan air dingin padahal itu salah. Mengompres menggunakan air dingin justru dapat memperparah demam karena tubuh menganggap suhu dingin sebagai ancaman sehingga tubuh akan meningkatkan suhu tubuh.
Sebaliknya jika kita menggunakan air hangat maka pembuluh darah akan melebar dan memicu produksi keringat yang akan membantu tubuh melepaskan suhu panas sehingga demam akan reda.
2. Perbanyak Mengonsumsi Cairan

     Saat kita mengalami demam tubuh kita akan kehilangan banyak cairan karena cairan di butuhkan untuk melepas panas. Untuk mengganti cairan yang hilang disarankan untuk memperbanyak minum air putih atau juga jus buah. Tidak disarankan untuk meminum minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi karena dapat merangsang produksi air kencing.
3. Memperbanyak Asupan Vitamin C
    
      Asupan vitamin C sangat di butuhkan saat kita mengalami demam karena vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu memerangi infeksi. Lemon adalah yang baik di konsumsi saat demam dan bisa di kombinasikan dengan teh dapat membuat penderita merasa lebih baik.
4. Memakai pakaian yang tipis
      Saat sedang demam biasanya orang akan merasa kedinginan dan menggigil dan yang biasa di lakukan adalah menggunakan selimut tebal atau baju hangat padahal itu justru akan memerangkap panas dalam tubuh. Sebaiknya saat demam memakai baju yang tipis agar sirkulasi udara terjaga dengan baik dan panas tubuh dapat di lepas.
5. Istirahat yang cukup
     Yang terakhir tentunya dengan istirahat. Istirahat yang paling baik adalah tidur. Ketika sedang tidur tubuh akan melakukan regenerasi sel dan detoksifikasi dengan cepat sehinnga dapat menetralisir penyebab demam. Dan pada akhirnya demam akan turun.
    Tentunya masih banyak cara lain untuk mengatasi demam. Karena setiap orang punya cara sendiri sendiri. Namun cara di atas merupakan cara yang paling baik untuk mengatasi demam. Selamat mencoba. Semoga lekas sembuh .
Baca Juga

5 makanan yang harus Kamu makan saat menderita tiroid

Hipotiroidisme atau disfungsi tiroid merupakan kondisi medis yang serius dan hampir 1 dari 10 orang di India menderita masalah ini. Kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu...
MusaBA
1 min read

Malware kecil ini merupakan alasan Kamu wajib instal aplikasi…

Malware merupakan aplikasi jahat, bahkan diantaranya ada yang mempunyai kemampuan untuk mengembalikan diri meski perangkat kamu telah di reset ke setelan pabrik. Baca Juga...
MusaBA
1 min read

Keuntungan Traveling Sendirian

Ilustrasi/Pixabay/Veerasantinithi Siapa bilang berpetualang seorang diri akan membosankan dan bikin mati gaya, justru pilihan kegiatan tersebut bisa membawa beberaspa keuntungan lho. Traveling sendirian bisa...
MusaBA
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!