Cara Menjadi Pengusaha Sukses dari Nol

2 min read

Baca Juga

Cara Menjadi Pengusaha Sukses dari nol

Hampir sebagian besar orang memimpikan menjadi seorang pebisnis besar dan sukses. Namun, pada kenyataannya sebagian kecil saja yang benar-benar hidup menjalani mimpi itu.
Alasannya pun sangat sederhana,

Merintis dan mengelola usaha sendiri tidak semudah yang dibayangkan.

Selain itu pula, harus memiliki mental baja serta hal penting lain yang harus dipersiapkan secara matang.

Untuk itu, fahamilah cara-cara menjadi pengusaha sukses dan persiapkan serta perjuangkan apa yang telah diimpikan itu meskipun berangkat dari nol.

Yakinkan Diri

Mulailah untuk lebih memantapkan hati sebelum memutuskan pilihan. Apabila masih setengah hati, bisa jadi saat mulai membangun usaha, kamu malah akan lebih mudah dijatuhkan oleh keadaan. Alih-alih sukses, usaha yang kamu bangun justru akan berhenti. Masih untung bila keyakinan itu ada, kalau hanya setengah-setengah bisa jadi keesokan harinya kamu hanya akan terpuruk dan tidak ingin lagi berusaha.

Persiapkan Model Bisnis

Jika hati sudah mantap, cobalah untuk mulai memikirkan model bisnis apa yang akan kamu jalankan ke depan. Kamu bisa mulai mencari ulasan informasi seputar bisnis yang sedang berkembang, cara dan tips dalam menjalankan, serta banyak hal yang berkaitan dengan bisnis.

Punya Pola Pikir Beda

Tidak ada pebisnis yang sukses tanpa berpikir kreatif, atau lebih sering disebut “Out of The Box”. Misalnya saja bisnis tranportasi online, di mana sang pencetus ide ini melihat peluang bagaimana bisnis ini ke depannya menjadi sebuah solusi bagi masyarakat. Oleh karena itu, biasakanlah untuk mengasah kemampuan berpikir kamu menjadi lebih kreatif lagi.

Buat Visi dan Misi yang Terstruktur

Hal terpenting saat akan memulai usaha adalah membuat rencana bisnis yang memiliki fleksibilitas dan inovasi bisnis di dalamnya, dan jangan lupa untuk menyertakan “Visi dan Misi” yang jelas, runtut, tertata, dan rapih untuk usaha/ bisnis yang tengah kamu rintis.

Organisir Diri

Mulailah dengan membiasakan diri lebih terorganisir. Hal ini sangat penting sebagai modal awal dari diri untuk mengatur usaha kamu. Sederhananya, jika kamu tak dapat mengorganisir diri, lalu bagaimana kamu akan mengorganisir semua elemen bisnis yang sedang kamu garap?

Rajin Mencatat

Catat semua hal penting yang kamu dapatkan, entah itu berupa ide, kejadian, kesalahan, atau apapun. Mulai dari nasihat orang lain, hingga tantangan-tantangan yang kamu hadapi saat mengelola usaha kamu. Dengan harapan, bila waktunya tiba, kamu tak hanya mewariskan sebuah perusahaan melainkan juga pengalaman. Sehingga usaha yang telah susah payah kamu bangun tak berhenti begitu saja hanya karena alasan yang sepele.

Fokus pada Bisnis

Terburu-buru menggandakan keuntungan dengan memulai bisnis ke dua hanya akan membuat pencapaian awal kamu rapuh. Pastikan terlebih dahulu bahwa bisnis yang kamu kelola di awal sudah benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan penunjang lainnya.

Siap akan Kemungkinan Terburuk

Saat kamu berpikir untuk membangung usaha, nyali memang sangat diperlukan untuk benar-benar terus menjadi pebisnis. Namun, itu saja tak cukup, analisa dan siapkan juga dirimu akan kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi dalam membangun usaha kamu itu.

Terbuka akan Evaluasi

Salah satu kunci rahasia sebuah kesuksesan ialah “proses belajar”. Jadilah orang yang selalu terbuka terhadap kritik, saran, masukan, dan nasihat dari orang lain. Cobalah untuk melakukan evaluasi terhadap kekurangan diri pada saat berbisnis.

Terus Belajar dan Jangan Puas

Setiap perjalanan bisnis pasti berliku, ada saat dimana keadaan sedang naik dan kadang pula sedang turun. Saat bisnis yang kamu kelola sedang di atas angin, jangan cepat puas. Gunakan momentum ini untuk semakin mengakselerasi bisnis. Begitupun sebaliknya, di saat bisnis kamu sedang lesu, jangan lantas putus asa. Buka hati dan jangan malu untuk bertanya kepada pengusaha yang lebih berpengalaman.

Jalankan Bisnis yang disuka

Menjalani sesuatu sesuai dengan passion akan membuat seseorang lebih rileks, bahkan saat sedang diterjang situasi sulit sekalipun. Hal ini pun berlaku dalam dunia bisnis. Dengan begitu, kamu dijamin tidak akan merasa kesulitan dalam mempertahankan komitmen untuk membangun bisnis.

Jalankan Bisnis yang dikuasai

Bicara bisnis tentu juga bicara tentang keuntungan. Ada kalanya hal yang kamu sukai kurang menguntungkan, maka baiknya kamu kesampingkan dulu hal ini dan fokuslah kepada hal yang kamu kuasai. Pahami potensi diri, lalu terapkan ke dalam fokus bisnis milikmu.

Siapkan Modal Usaha

Sekarang kita bahas faktor eksternal dalam memulai usaha. Yang pertama perihal modal. Pastikan apakah modal dalam bisnis kamu ini berasal dari dana pribadi atau dari hasil patungan. Bila dari hasil patungan, pastikan semuanya diatur secara jelas, hitam di atas putih. Agar nantinya tak ada yang merasa dirugikan saat bagi hasil.

Lihat Peluang Bisnis

Sedikit bocoran saja, sejak beberapa tahun terakhir ini, Pemerintah Indonesia sedang menaruh perhatian besar di sektor perdagangan digital. Hal seperti inilah contoh peluang bisnis yang dapat kamu manfaatkan. Kamu bisa mulai berdagang secara online, atau bahkan mendirikan perusahaan startup berbasis digital.

Tentukan Target

Seorang calon pengusaha sukses haruslah pandai menganalisa target pasar. Meski ia memiliki produk dengan kualitas terbaik, namun jika tak memiliki pasar yang tepat, maka kesulitan dalam penjualan produk pun akan terasa sangat mencekam.

Dan itulah beberapa cara agar kamu bisa menjadi pengusaha yang sukses meskipun keadaan yang dimulai dari Nol!
Semoga bermanfaat!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!