Tips Bisnis usaha Sampingan yang Bisa kamu lakukan saat New Normal

11 min read

Baca Juga

Pandemi membuat banyak orang kehilangan pekerjaan karena perusahaan melakukan efisiensi. Jika kalian salah satu dari mereka, saat ini mungkin waktu yang tepat untuk memulai usaha mandiri atau sekadar usaha sampingan.

Selain ancaman, ternyata ada peluang di setiap krisis. Mengutip laporan The 50 Survival Innovation Ideas That Matter dari Inventure Knowledge, setidaknya ada beberapa ide bisnis yang bisa kalian coba untuk menghadapi the new normal atau kenormalan baru.
Berikut kumparan merangkum bisnis yang bisa dijalankan pada saat new normal, Jumat (29/5).

Frozen Food

Di saat semua orang semua di rumah, konsumsi produk kuliner rumahan seperti frozen food meningkat. Hal ini telah dimanfaatkan oleh beberapa gerai kopi dan kuliner seperti Kopi Tuku, Kopi Toko Djawa dan Bahagia Kopi. Selain itu, beberapa gerai seperti Hoka-Hoka Bento hingga Yoshinoya juga telah menerapkan layanan frozen food.

Cara Memulai Usaha Frozen Food

Oke, sekarang kamu harus memilih. Ingin menjual frozen food milik orang lain atau ingin membuat sendiri makanan beku kamu.

Setelah kamu memutuskan memilih yang mana, mari kita lanjut ke bagian berikutnya.

1. Tentukan Produk yang akan kamu jual

Nah kamu harus memilih dulu produk seperti apa yang akan kamu jual. Apakah udang, bakso, atau lainnya. Kenapa ini penting? Alasannya adalah karena kamu tidak mungkin membuat produk yang disukai semua orang.

Memilih produk yang akan kamu buat atau jual akan menentukan langkah yang tepat untuk mempromosikan barang yang kamu jual. Ini juga akan memudahkan

kamu juga bisa menjual frozen food dalam bentuk siap makan. Misalnya menjual aneka makanan dan jajanan bakar.

2. Memikirkan modal

Nah sekarang hitung kebutuhan modalmu. Frozen food memerlukan freezer dan alat packaging yang anti udara. Jika kamu tidak punya modal, bisa dengan meminjam ke bank. Banyak program yang ditujukan untuk pebisnis pemula, misalnya saja Kredit Usaha Rakyat BRI atau Mitra Usaha Mandiri.

Jika tidak punya modal dan belum berani berhutang bagaimana? Gampang kok. Baca artikel ini sampai akhir

3. Pilih Peralatan

Nah bisnis makanan frozen itu bisnis simple, sederhana, namun jangan menyepelekan modalnya. kamu butuh freezer dan alat pembungkus (packaging) yang cukup mahal jika kantongmu kempis.

kamu bisa menyesuaikan keuangan dengan jenis peralatan. Nah jika kehabisan uang, cobalah untuk menitipkan frozen foodsmu di restoran atau minimarket. Triknya adalah membagi sebagian keuntungan dengan mereka.

4. Metode Pemasaran

Nah sekarang pikirkan metode pemasaranmu. Misalnya bagaimana kamu akan mengenalkan produk. Bisa saja dengan mulut ke mulut melalui orang-orang yang akan kita kenal. Ataukah akan memperbesar usaha melalui sistem online

5. Go Online, Go Social Media

Oke sekarang pikirkan untuk memperbesar usahamu melalui online. Kelebihan frozen food adalah ia bisa tahan lebih dari satu hari. Jadi kamu bisa menjual produk dengan target lokal kota/kabupaten. Menggunakan sosial media seperti Facebook atau instagram untuk menarik pelanggan adalah ide cemerlang.

Jika mau lebih banyak pelanggan, bersaing di Google adalah pilihan asyik. Ada dua teknik yang bisa kita gunakan, satu adalah SEO lokal dan satunya adalah Google Adwords Lokal. Teknik pertama bisa lebih murah atau lebih mahal daripada kedua, tergantung cara pemakaian.

6. Dapatkan Lisensi Makanan

Jika kamu memang ingin memperlebar usaha, apalagi ke arah nomor 5. Mendapatkan lisensi makanan adalah hal wajib. Untuk izin makanan selain daging, cukup ke dinas perindutrian setempat atau hanya PIRT saja. Nah beda lagi kalau daging, kita harus mengurus ke BPOM juga, Ini cukup mahal.

Jangan mengabaikan lisensi kecuali hanya berjualan ke saudara atau tetangga ya sob. Bisa bisa kamu dibawa ke ranah hukum lho.

7. Tambah Networking dan Teman

Iya sob. Silahkan tawarkan frozen foodsmu ke komunitas, makin banyak yang tahu makin laris kan produkmu.

Penting juga, silahkan tawarkan frozen foodsmu ke swalayan atau supermarket. di sana banyak orang membutuhkan frozen foods.

8. Distributor atau Reseller

Nah ini adalah langkah awal kalau kamu ingin memperbesar usahamu namun belum berani membuka cabang. kamu bisa mencari distributor secara sukarela. Resikonya pun kecil karena mereka bukan karyawan. Kalian sama-sama pengusaha

9. Waralaba bisnis frozen food. Kenapa tidak?

Bisnis Waralaba sekarang bertebaran. Banyak kok yang sukses membisniskan frozen food secara waralaba.

Waralaba itu biasanya khusus berjualan frozen food kamu, kalau distributor kan dicampur dengan berjualan lainnya. Nah kamu pikirkan mana yang cocok untuk bisnismu.

10. Spesialis dan Nilai tambah

Kalau kita hanya menjual nugget dan bakso yang sama dengan yang ada di Indomaret. Cara bisnisnya pun sama, yakni menunggu pembeli. Bisnis kita bakalan susah maju. Nah untuk itu sobat harus berspesialis dan sebaiknya unik. Pelayanannya pun harus jemput bola.

Peluang Usaha Frozen Food

Seperti yang telah kita ketahui, makanan beku adalah makanan yang dibekukan dengan tujuan mengawetkan makanan hingga siap dimakan. Jadi, hanya perlu dihangatkan untuk dapat dikonsumsi. Hal ini mekin manarik seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan beraneka ragam olahan yang dieksplorasi oleh para penggagas usaha yang luar biasa.

Makanan tetaplah akan menjadi primadona hingga akhir masa. Bagaimana tidak, makanan adalah hal mutlak yang diperlukan makhluk hidup untuk tetap hidup. Dari hal itulah makanan menjadi primadona tersendiri, apalagi untuk pelirik bisnis menjanjikan satu ini. Frozen Food pun juga mudah disajikan.

Frozen Food Praktis

Karena praktis itulah, orang-orang saat ini lebih memilihnya. Terkadang sebagian dari orang-orang juga membeli Frozen Food atau makanan beku ini untuk disimpan di lemari es, jadi apabila tidak ada makanan, tinggal memasaknya menjadi kudapan enak, nikmat serta praktis.

Bukan hanya bagi konsumen, tetapi untuk pebisnis juga sangat memudahkan dalam memulai peluang usaha satu ini. Keuntungan dari Bisnis Frozen Food akan memberikan ketekunan tersendiri serta komitmen untuk terus mengembangkan usaha emas ini.

Terlebih jika kamu mampu mengolah Frozen Food sendiri, dapat kamu kedepankan komitmen untuk membuat makanan Frozen Food bebas pengawet. Hal ini juga dapat menunjang perkembangan usaha kamu, karena semakin kaya olahan kreatifitas ide kamu, maka sejalan pula minat konsumen yang ingin mencoba untuk menikmati hasil olahan yang kamu sajikan.

Tanpa Pengawet dan MSG

Dengan berkembangnya berita yang marak akan bahan-bahan pengawet berbahaya karena tindakan oknum-oknum tidak bertanggung jawab, jangan lantas membuat kamu mundur. Karena justru dengan pemberitaan seperti demikian, masyarakat akan semakin peka serta jeli dalam memilih olahan Frozen Food yang akan dikonsumsi.

Apalagi untuk anak-anak, pasti orang tua lebih teliti lagi. Jadi dilihat dari segi itulah, kamu dapat memulainya untuk memulai olahan tanpa bahan pengawet atau rendah bahan pengawet dari makanan bisnis Frozen Food.

Beranilah mencoba, karena satu hal itulah yang dapat membuat kamu semangat untuk memulai. Selain itu, kamu juga perlu kerja keras. Tidak mudah memang dalam memulai serta menjalankan sebuah usaha. Halangan serta rintangan yang ada juga termasuk dalam niat utama sebagai pengusaha. Selama terdapat semangat dan ketekunan, maka seiring pula kesuksesan yang akan kamu dapatkan. Semangat sukses para usahawan.

Cleaning Service Panggilan

Sementara menunggu panggilan dan mencari pekerjaan baru, bukan salah mencari cuan dengan menjadi cleaning service panggilan. Sebab dalam laporan tersebut dijelaskan adanya permintaan terhadap produk dan layanan higienis meningkat pesat. Beberapa hotel seperti Hotel Teraskita dan Hotel Ambhara memanfaatkan SDM yang selama ini membersihkan kamar hotel untuk menjadi cleaning service panggilan datang ke rumah-rumah dengan menawarkan layanan sekelas hotel.

Cara Memulai Bisnis Cleaning Service

Dengan perencanaan yang matang dan strategi yang tepat, memulai suatu bisnis cleaning service panggilan bisa jadi sebuah cara yang murah dan mudah untuk kamu mulai. Terlebih bila kamu tinggal disebuah kota besar yang sebagian besar penduduknya sangat sibuk. Tidak perlu diragukan lagi, pasar masih terbuka luas untuk membuat bisnis cleaning service.

Kehidupan di kota yang penuh dengan kesibukan membuat tidak semua orang memiliki banyak waktu untuk bisa membersihkan rumahnya. Dan tidak semua orang nyaman untuk menyewa asisten rumah tangga yang menginap di rumah mereka. Hal ini yang membuat bisnis cleaning service yang bisa dipanggil kapan saja akan sangat menguntungkan.

Akan selalu ada rumah yang harus dibersihkan. Dan biaya investasi yang tidak terlalu besar di awal bisnis akan menjadikan bisnis ini sangat menguntungkan. Hal yang harus kamu lakukan hanyalah bagaimana menjadikan bisnis kamu lebih menonjol sebagai penyedia jasa layanan cleaning service yang berkualitas dan dapat dipercaya. Berikut ini adalah 5 cara memulai bisnis cleaning service yang bisa kamu mulai dari sekarang

1. Memulai dengan pemahaman bisnis yang matang

Mungkin kamu akan berfikir, untuk memulail bisnis ini hanya perlu ember dan alat pel saja. Tentu saja itu tidak benar. Untuk memulai bisnis, walau keliatannya sebuah bisnis yang sederhana, kamu tetap akan memulainya dengan sebuah perencanaan yang matang. Yang perlu kamu ingat adalah, kamu tidak akan bergerak pada bisnis bersih-bersih semata, kamu berada dalam bisnis yang mengutamakan pelayanan kepada pelanggan.

Tentu saja tidak semua pelanggan kamu akan memiliki pikiran yang sama tentang bagaimana kamu boleh membersihkan rumah mereka. Dan sudah menjadi tugas kamu untuk bisa memenuhi keinginan pelanggan kamu. Memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan adalah hal terpenting yang harus kamu yakini benar bahwa kamu bisa melakukannya.

Memulai sesuatu bisnis dengan pemahaman yang matang terhadap apa yang menjadi kebutuhan setiap pelanggan adalah sebuah keharusan. kamu mungkin saja bisa menjual jasa yang seadanya, namun percayalah bisnis kamu tidak akan bertahan lama karena kamu tidak memberikan “nilai” berbeda yang bisa kamu berikan kepada pelanggan-pelanggan kamu.

2. Menyiapkan produk dan metode yang mendukung jasa kamu

Mempersiapkan persediaan produk-produk pembersih yang berkualitas akan memberikan kamu nilai lebih dimata pelanggan. Hanya gunakan produk pembersih yang sudah dipercaya dan terbukti ampuh untuk membersihkan rumah dan segala perabotan yang ada di rumah pelanggan kamu. kamu harus bisa memberikan penjelasan kepada pelanggan bila mereka menanyakan perihal produk yang kamu gunakan.

Kemungkinan akan ada beberapa pelanggan yang lebih nyaman bila kamu menggunakan produk pembersih yang biasa mereka gunakan, karena mungkin saja perabot rumah mereka memang membutuhkan produk pembersih khusus. kamu pastinya harus familiar dengan aturan pakai dari produk tersebut. Luangkan waktu untuk mempelajari sejenak bagaimana aturan pakai produk tersebut sebelum kamu benar-benar menggunakannya.

Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah bagaimana melindungi asset bisnis seperti persediaan pembersih yang kamu punyai. Karena bisa jadi, akan kamu temukan beberapa pekerja yang kurang jujur dan melakukan penggelapan persediaan barang-barang pembersih kamu. Pastikan kamu sudah menyiapkan metode yang tepat untuk bisa memantau persediaan stok bahan-bahan pembersih kamu.

Salah satu cara yang mungkin bisa kamu lakukan adalah dengan selalu melakukan pencatatan dan memaksa pekerja kamu untuk membuat tkamu terima setiap kali mereka mengambil persediaan bahan pembersih dari gudang. Dengan membuat catatan yang lengkap akan memberikan kamu gambaran yang jelas bagaimana menghitung keuntungan dan memperkirakan dari mana letak kerugian bisnis kamu.

3. Mempekerjakan staf yang mengerti nilai bisnis kamu

Pada awal berdirinya bisnis kamu, mungkin kamu bisa melakukannya seorang diri untuk menangani semua panggilan layanan yang kamu dapatkan. Namun dengan semakin berkembangnya bisnis kamu sudah pasti kamu perlu mempekerjakan beberapa staf. Walaupun terkesan mudah dan tidak membutuhkan pendidikan khusus untuk melakukan pekerjaan membersihkan rumah, namun tetap harus merekrut orang yang tepat.

Pastikan orang yang akan kamu rekrut adalah orang yang berkomitmen tinggi dan bisa kamu percayai. Karena sekali lagi, yang harus kamu perhatikan adalah, kamu tidak hanya sekedar menjual jasa bersih-bersih saja, tetap juga membeli kepercayaan pelanggan. kamu harus memastikan nilai ini juga dipahami oleh staf-staf kamu. Sehingga bisnis kamu akan terus berada pada arah yang kamu inginkan.

Kualitas staf yang kamu pekerjakan adalah komponen paling penting dari kesuksesan bisnis kamu. Karena mereka lah yang akan mewakili nama besar bisnis yang sedang kamu rintis saat ini. Keberhasilan kamu dalam menanamkan nilai bisnis kamu kedalam setiap staf kamu akan mempermudah jalan kamu menuju kesuksesan bisnis.

4. Mendesign metode pembayaran yang efektif

Karena bisnis kamu mengharuskan kamu atau staf kamu melakukan perjalanan ke rumah pelanggan, maka kamu harus bisa mendesign metode pembayaran yang efektif. Tentunya bila kamu masih bekerja sendirian, pembayaran secara cash setelah kamu selesai melakukan pekerjaan mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun, bila bisnis kamu sudah berkembang, dan kamu tidak mungkin melakukan jasa ini seorang diri, maka metode pembayaran yang efektif dan bisa dipertanggung jawabkan menjadi suatu keharusan.

Dalam perkembangan teknologi yang sudah maju seperti sekarang ini, kamu bisa membuat semacam website khusus untuk bisnis kamu. Dimana website tersebut akan menjelaskan profil usaha kamu, apa keuntungan dari menggunakan jasa kamu, dan memudahkan pelanggan untuk memesan dan melakukan pembayaran secara non tunai dengan metode transfer.

5. Pelayanan terbaik untuk pelanggan

Seperti yang telah banyak dijabarkan sebelumnya, berada dalam bisnis cleaning service berarti kamu melakukan bisnis layanan kepada pelanggan. Penting bagi kamu untuk membangun hubungan dengan para pelanggan kamu. Dengarkan semua keluhan dan masukan dari mereka dengan seksama, buka pikiran kamu bahwa tidak selalu cara bekerja kamu adalah yang terbaik.

Membangun kepercayaan pelanggan bukanlah hal yang mudah. kamu akan membutuhkan banyak tenaga dan waktu untuk melakukan itu semua. Namun, percayalah pada akhirnya kamu akan menikmati hasilnya. Dengan membangun kepercayaan pelanggan, maka secara tidak langsung, bisnis kamu akan bisa berkembang dengan sendirinya.

Selamat membangun bisnis cleaning service kamu, dan tetaplah semangat untuk memberikan nilai kamu kepada para pelanggan. Jatuh dan bangun mungkin akan kamu rasakan, namun pada akhirnya bila kamu kuat maka kamu akan selalu menemukan alasan untuk bisa bertahan. Semoga kesuksesan selalu mengiringi perjalanan bisnis kamu. Salam sukses.

Jual Produk Antibakteri

Saat ini semua produk yang menjanjikan anti virus dan bakteri akan laris di pasaran. Maka jurus ‘aji mumpung’ pun dengan sigap dijalankan oleh para produsen produk kebersihan dengan meluncurkan produk anti bakteri. Kalian bisa juga melihat kiat-kiat membuat sabun anti bakteri sendiri untuk mulai mencobanya.

Pakai lima bahan sederhana, begini cara membuat hand sanitizer

Wabah virus corona baru yang semakin meluas membuat hand sanitizer banyak orang cari. Meskipun mencuci tangan dengan sabun lebih baik, masyarakat tetap bersikeras membeli hand sanitizer.

Sebab, masyarakat meyakini, hand sanitizer sebagai salah satu upaya mengurangi pertumbuhan mikroorganisme di tangan. Melansir SCMP, terdapat lima bahan sederhana yang bisa kamu gunakan untuk membuat hand sanitizer.

1. Cuka putih

Cuka sering digunakan dalam formula pembersih rumahtangga, berkat kemampuannya melarutkan residu dan menetralkan bau. Selain itu, cuka juga tidak beracun dan memiliki kemampuan untuk terurai sekaligus, membuatnya ramah lingkungan.

Beberapa penelitian menunjukkan, tingkat keasaman cuka putih yang tinggi bisa membantu membunuh bakteri, menjadikannya sebagai disinfektan yang efektif.

2. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman ajaib karena berbagai alasan. Anggapan tersebut muncul lantaran Aloe vera, nama Latin lidah buaya, membuat lembut kulit dan merupakan obat yang populer untuk luka bakar dan iritasi.

Bila digunakan untuk hand sanitizer, lidah buaya bisa membantu menjaga kulit tetap lembap dan lembut. Gel lidah buaya dapat dipakai tergantung pada kegunaan yang kamu cari.

Gel sering bisa meninggalkan residu lengket, sedangkan cairan lebih cocok untuk versi semprotan.

3. Minyak atsiri

Minyak atsiri mungkin kontroversial dalam beberapa budaya. Namun, minyak atsiri telah digunakan selama bertahun-tahun untuk memerangi berbagai penyakit dan infeksi.

Umumnya, minyak atsiri dipuji karena memiliki kualitas antibakteri, antimikroba, atau antijamur, termasuk minyak pohon teh, serai, kayu putih, peppermint, dan jeruk.

4. Colloidal silver

Dari sejumlah referensi, colloidal silver dikenal sebagai antibiotik alami. Sifat antimikroba dari colloidal silver yang pada dasarnya adalah ion perak atau partikel nano tersuspensi dalam cairan seperti air.

Colloidal silver masih digunakan oleh para profesional medis topikal sebagai antiseptik untuk mengobati luka secara efektif. Selain itu, colloidal silver juga kerap dipakai sebagai pelapis antibiotik pada perangkat medis.

Colloidal silver tersedia di toko makanan kesehatan dan produk herbal serta situs.

5. Alkohol

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan, formula yang mengandung lebih dari 60% alkohol adalah yang paling efektif dalam membunuh kuman.

Tapi, itu tidak berarti kamu harus menyerbu tempat yang menjual minuman keras. Sebab, kebanyakan minuman keras rata-rata hanya mengandung alkohol 40%.

Jadi, lebih baik menggunakan formula yang dianjurkan pada tingkat farmasi, termasuk isopropil alkohol.

Cara membuat hand sanitizer

  • 120 ml (setengah gelas) air yang disaring atau lidah buaya (basa)
  • 120 ml (setengah gelas) cuka putih
  • 10-12 tetes minyak minyak atsiri
  • 1 sendok makan colloidal silver dan isopropil alkohol

Setelah semua bahan disiapkan, campurkan ke dalam mangkuk. Gunakan wadah atau botol yang lebih kecil untuk menggunakannya agar lebih praktis.

Catatan

Banyak dari bahan-bahan di atas belum diuji secara independen, juga tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bisa membunuh atau menghentikan penyebaran virus corona.

Menggunakan hand sanitizer tidak dapat menggantikan mencuci tangan secara menyeluruh, yang dianggap sebagai metode paling efektif untuk membunuh kuman.

Layanan Belanja Online

Menjadi mitra layanan belanja online tentu cukup menjanjikan di tengah pandemi. Beberapa perusahaan telah menerapkan layanan fitur online bagi toko-toko kelontong untuk memenuhi stoknya. Bahkan perusahaan seperti Sampoerna Retail Community.

Apa yang Harus kamu Lakukan Sebelum Buat Toko Online

Sebelum loncat ke cara buat toko online, kamu membutuhkan nama domain dan web hosting. Jika untuk saat ini kamu belum memikirkan produk atau layanan seperti apa yang hendak dijual, maka beli domain bisa dilakukan di kemudian hari. Namun, jika sudah tahu bisnis online yang hendak dikembangkan, maka jangan skip bagian pembahasan ini.

1. Riset Pasar

kamu tidak mungkin membuat toko online tanpa produk. Itu namanya mustahil. Akan tetapi, sebagian orang merasa kesulitan untuk mencari bahkan mendapatkan ide mengenai produk-produk apa yang hendak dijual.

Belum mendapatkan ide produk atau jasa yang hendak ditawarkan ke khalayak umum bukan berarti kamu lantas berhenti dan tidak jadi berbisnis online. Sebenarnya, cara untuk mengetahui tipe produk yang akan dijual sangatlah mudah. Mulailah ajukan pertanyaan sederhana ini pada diri kamu: produk seperti apa yang orang-orang butuhkan sehingga mereka rela mengeluarkan sejumlah biaya?

Pertama-tama, cari tahu beberapa kebutuhan yang sekiranya ingin dipenuhi oleh orang-orang. Setelah itu, temukan produk yang berperan sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dari sinilah kamu akan mendapatkan keuntungan.

Ketika melakukan riset market, fokuslah pada ‘kekurangan’ yang tidak disadari banyak pihak.

2. Membuat Toko Online

Setelah menemukan ide serta produk yang tepat untuk bisnis eCommerce, kini saatnya untuk buat toko online kamu sendiri.

Jika sampai saat ini kamu masih belum mendapatkan nama yang tepat untuk toko online, maka berdiamlah diri sebentar dan jawab beberapa pertanyaan ini:

  • Apakah nama domain yang saya buat nantinya mampu menarik perhatian target audience?
  • Apakah nama domain yang saya pilih merepresentasikan pasar atau produk yang saya targetkan?
  • Apakah nama doamin yang saya buat nantinya punya arti lain yang cenderung negatif?

Buatlah nama dan pilihlah domain yang benar-benar mewakili reputasi brand kamu. Buat daftar beberapa perusahaan yang menarik perhatian kamu dan mulailah menganalisis cara mereka membuat produk yang bersifat original dan tidak mudah dilupakan.

3. Perkenalkan Toko Online kamu

Jika semua langkah di atas sudah berhasil dilakukan, maka inilah saat kamu untuk mulai menjual produk pertama. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ada banyak hal terkait pembuatan toko online yang harus dipertimbangkan.

Pertama-tama, cek kembali website eCommerce kamu untuk memastikan tidak ada error, dan proses order atau pemesanan berjalan lancar. Selanjutnya, kita akan membahas rencana sebelum dan setelah mengonlinekan situs eCommerce kamu.

Kesimpulan

Butuh usaha dan kerja keras untuk membuat toko online sendiri. Untungnya, di artikel ini, kamu sudah mendapatkan informasi dan gambaran umum mengenai hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengonlinekan situs eCommerce dari awal.

Dengan toko online, kamu bisa membangun kerajaan bisnis dari modal yang kecil, kemudian meningkat hingga menjadi situs eCommerce dengan penghasilan jutaan rupiah. Karena pasar eCommerce tidak pernah redup dan terus berkembang, maka ada jaminan bahwa bisnis kamu bisa berhasil di tahun-tahun berikutnya.

Sebelum kami mengakhiri artikel ini, ingatlah bahwa pelanggan adalah ‘roda penggerak’ bisnis kamu. Mereka jugalah yang menentukan apakah bisnis kamu bisa tetap berjalan atau malah bangkrut. Maka dari itu, layanilah mereka layaknya raja. Bangunlah hubungan yang kuat dengan pelanggan kamu dan bantulah mereka bilamana mengalami masalah. Jangan lepaskan pelanggan yang sudah setia dengan kamu.

Jadi, kapan waktu terbaik untuk buat toko online? Sekarang! Lakukan riset, dan brainstorming berbagai ide produk. Carilah tutorial mengenai cara buat toko online. Buatlah produk MVP. Lalu onlinekan toko kamu dan lakukan penjualan pertama!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!