6+ Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal Penjelasan Lengkap

  • Bagikan
Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal
Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal

Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal – Menonton televisi memanglah sangat menyenangkan apalagi yang kita tonton adalah acara televisi kesukaan kita. Akan tetapi kita pasti pernah mengalami kendala saat menonton televisi seperti tv tidak ada sinyal, remot hilang dan lain sebagainya. Hal inilah yang menyebabkan tv tidak ada sinyal atau no signal.

Dalam masa sekarang ini sudah banyak siaran Televisi yang bisa kita tonton tanpa harus menggunakan parabola untuk menonton tv. Isi siaran TV yang terjadi tentu saja bisa menghibur, bermanfaat den tentunya bisa kita peroleh dengan gratis.

Pada zaman dahulu TV memanglah berbentuk sangatlah besar, kualitas gambar yang dihadirkan pun berwarna hitam putih, akan tetapi pada era sekarang ini TV sudah canggih, berbentuk slim (tipis) bahkan bisa di tempelkan di tembok dan juga mempunyai berbagai macam warna sesuai dengan aslinya.

Baca Juga : Kumpulan Kode Servis: Cara Mudah Masuk Menu Service Mode (Sermod) Semua Merk TV.

Dikutip dari situs wikipedia Televisi (TV) adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna.

Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi TV tidak ada sinyal beserta penjelasan lengkapnya.

Mengapa TV tidak ada sinyal? Pasti permasalahan tersebut sering terjadi bagi penikmat TV LED dikarenakan berbagai macam penyebab, untuk penyebabnya sendiri ada banyak seperti antena bermasalah, cuaca buruk, kabel HDMI bermasalah, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Mencari Channel TV Yang Hilang Pada Semua Merk TV, Berhasil

Sebelum ke pembahasan mengenai cara mengatasi tv tidak ada sinyal, kita akan membahas tentang penyebab tv tidak ada sinyal.

Penyebab TV Tidak Ada Sinyal

TV tidak ada sinyal tentu saja ada penyebabnya berikut ini adalah penyebab TV tidak ada sinyal:

  1. Adanya cuaca buruk.
  2. Antena TV yang mengalami kerusakan.
  3. IC Program terdapat kerusakan.
  4. Sinyal terhalang.
  5. Jarak pemancar dan penerima terlalu jauh.
  6. Kabel antena putus.
  7. Posisi antena tidak tinggi sehingga untuk menangkap sinyal kurang maksimal.

Penyebab terjadinya TV tidak ada sinyal memanglah cukup beragam, selain itu juga terdapat faktor yang lain yangmana membuat tv tidak ada sinyal seperti daerah yang cukup jauh dari pemancar (daerah plosok) karena jarak yang jauh akan menghambat frekuensi.

Setelah kita mengetahui penyebab tv tidak ada sinyal, selanjutnya kita akan membahas tentang cara mengatasi tv tidak ada sinyal.

Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal

Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal
Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal

Baca Juga : 7+ Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara Yang Harus Kamu Ketahui.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi tv yang hilang sinyalnya, berikut ini adalah cara mengatasi TV tidak ada sinyal berdasarkan pengalaman pribadi dan sumber terpercaya.

1. Periksalah Kabel Antena

Periksalah Kabel Antena
Periksalah Kabel Antena

Dalam kejadian kasus ini biasanya terdapat kabel antena yang rusak atau putus, hal ini terjadi bisa dikarenakan ada hewan yang menggigit kabel atau memang sudah waktunya untuk mengganti kabel tersebut karena terlalu lama digunakan. Jika mengalami kabel terputus maka antena tidak akan tersambung dengan TV, hal inilah yang menyababkan tv tidak ada sinyal.

Untuk dapat memastikan kabel antena TV dalam keadaan baik, Anda bisa mengecak secara langsung ataupun dengan menggunakan bantuan alat pengukur menggunakan multitester. Jika ada kabel antena yang rusak silahkan Anda menggantinya dengan kabel yang baru.

2. Ubahlah Posisi Antena

Ubahlah Posisi Antena
Ubahlah Posisi Antena

Jika memang kabel antena Anda baik-baik saja tidak mengalami kerusakan, maka cara kedua adalah ubahlah posisi antena Anda, hal ini memanglah hal yang umum terjadi bilamana TV tidak ada sinyal.

Hal ini dikarenakan bisa saja antena tersebut terkena angin sehingga merubah posisi semula, bisa juga adanya cuaca buruk, ataupun ada burung yang berada di antena sehingga menggangu posisi antena.

Jika sudah Anda ubah posisi antena, sebaiknya antena tersebut diikat sehingga tidak berubah lagi posisinya, Anda juga bisa meninggikan posisi antena untuk mendapatkan sinyal / frekuensi yang bagus. Tetapi jangan terlalu tinggi, karena bisa saja terhembus oleh angin yang mengakibatkan antena berubah posisi.

3. Cek Jack Penghubung Antena

Cek Jack Penghubung Antena
Cek Jack Penghubung Antena

Jika memang perubahan posisi antena sudah dilakukan akan tetapi masih saja tidak mendapatkan sinyal tv, Anda bisa mengecek jack penghubung antena dan tv Anda. Karena Jack penghubung ini adalah bagian yang penting untuk menghubungkan antena dan tv.

Bisa jadi jack penghubung tv tersebut rusak, biasanya tanda-tandanya yaitu jack tersebut berkarat, yang mengakibatkan tidak terhubung sempurna ke TV, oleh karena itu sebaiknya Anda cek jack penghubung tv.

Untuk mengatasi jack yang berkarat Anda bisa mencoba membersihkannya dengan menggunakan cairan tiner dan sikat gigi, pastikanlah karat yang terdapat di jack tersebut hilang dan sudah benar-benar bersih, akan tetapi jika tetap tidak bisa sebaiknya Anda membeli yang baru.

4. Cek Tuner TV

Cek Tuner TV
Cek Tuner TV

Cara Selanjutnya yaitu cek tuner TV, apakah tuner TV tersebut berkarat atau ada kotoran yang menghalanginya. Silahkan anda bersihkan karat dan kotoran yang berada di tuner TV tersebut.

Selain dibersihkan, sebaiknya Anda juga melakukan penyolderan ulang yang terdapat pada kaki tuner, hal ini dikarenakan adanya timah yang sudah rusak ataupun tidak menempel lagi. Selanjutnya, ukurlah tegangan dengan ukuran nilai 5 sampai 12 Vdc yang masuk ke B+ tuner, adapun untuk tegangan yang lainnya dengan menggunakan nilai yang lebih tinggi yang masuk kebagian TV tuner yaitu sekisaran 100 sampai 130 Vdc, pastikanlah tegangan sesuai.

Apabila sudah dilakukan pengukuran dan ternyata tegangan tetap kurang, hal itu bisa terjadi dikarenakan adanya komponen pada bagian supply yang rusak, seperti bagian resistor dan elco. Sebaiknya Anda juga mengecek pada komponen tersebut.

5. Mengganti Tuner TV

Mengganti Tuner TV
Mengganti Tuner TV

Apabila TV tuner dirasa rusak sebaiknya Anda menggantinya dengan yang baru sesuai dengan tipe yang sesuai, pastikanlah tuner tv yang diganti masih dalam keadaan baik yaitu tidak berkarat, dan permasalahan lainnya seperti diatas.

6. Mengganti IC Program

Mengganti IC Program
Mengganti IC Program

Apabila cara diatas tidak juga berhasil maka sebagiknya Anda cek pada IC nya, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada IC utama yaitu IC Program, solusi dari permasalahan IC Program ini adalah dengan cara mengganti yang baru dengan tipe yang sesuai.

Demikianlah artikel dari kami mengenai cara mengatasi tv tidak ada sinyal, semoga dengan pengalaman pribadi kami dan dari sumber terpercaya Anda bisa mengatasi tv tidak ada sinyal.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!