7+ Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara Yang Harus Anda Ketahui!

  • Bagikan
Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara
Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara

Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara – Alat elektronik di Era sekarang ini memanglah sangat diperlukan manusia, mulai dari smartphone, laptop, televisi dan lain sebagainya. Pada masa sekarang ini televisi juga masih populer di kalangan masyarakat, pasalnya televisi merupakan sarana untuk hiburan, mencari informasi seperti berita, kabar artis dan lain sebagainya.

Pada zaman sebelum teknologi belum canggih seperti saat ini, TV memanglah berbentuk sangatlah besar, kualitas gambar yang dihadirkan pun berwarna hitam putih, akan tetapi pada era sekarang ini dimana teknologi sudah berkembang dengan pesat televisi juga sudah berkembang, mulai dari berbentuk slim (tipis) bahkan bisa di tempelkan di tembok, bahkan siaran acara TV juga bisa di tonton di smartphone.

Baca Juga Artikel Cara Mencari Channel TV Yang Hilang Pada Semua Merk TV, Berhasil.

Pengertian TV

Pengertian TV
Pengertian TV

Dikutip dari situs wikipedia Televisi (TV) adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Televisi adalah sistem penyiaran gambar yang disertai dengan bunyi (suara) melalui kabel atau melalui angkasa dengan menggunakan alat yang mengubah cahaya (gambar) dan bunyi (suara) menjadi gelombang listrik dan mengubahnya kembali menjadi berkas cahaya yang dapat dilihat dan bunyi yang dapat didengar.

Penyebab Suara TV Menghilang

Penyebab Suara TV Menghilang
Penyebab Suara TV Menghilang

Baca Juga Artikel Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal Penjelasan Lengkap.

Di dalam kita menonton televisi tentu saja pasti sering terjadi permasalahan, mulai dari remote tv yang tiba-tiba hilang, TV tidak ada sinyal, channel tv hilang, suara tv hilang, dan masih banyak lagi permasalahannya. Dalam pembahasan ini kami akan membahas tentang cara memperbaiki tv tidak ada suara.

Kerusakan pada TV tidak ada suara akan tetapi gambar TV tetap normal, hal ini biasa terjadi hampir pada semua model televisi, baik itu yang berjenis LED, LCD bahkan juga TV tabung. Untuk dapat memperbaiki suara TV hilang saranya umumnya cukup mudah untuk dilakukan, akan tetapi pada kasus tertentu pada permasalahan hilangnya suara pada TV Anda membutuhkan waktu untuk mencari permasalahannya

Berdasarkan pengalaman kami hal tersebut bisa saja terjadi dikarenakan memang ada komponen-komponen tertentu yang menjadi sumber masalah tv tidak ada suara, baik itu pada speaker atau bahkan IC audio yang memang harus di ganti ataupun di solder ulang, Berikut ini adalah penyebab suara TV Hilang:

1. Speaker TV Mengalami Kerusakan

Berdasarkan pengalaman kami pada beberapa kasus di TV LED dan tabung sering terjadi kerusakan pada speaker TV, hal ini dikarenakan kabel konektornya terputus, adanya lilitan di dalam spekaer tv tersebut.

2. Blok Audio TV Mengalami Masalah

Didalam blok audio ini terdapat berbagai macam komponen, diantara komponen tersebut ada IC audio, dan komponen yang lainnya. Bisa jadi penyebab dari hilangnya suara ini dikarenakan IC audio rusak, atau kaki-kaki dari IC tersebut sudah tidak menempel lagi dengan sempurna.

Bahkan berdasarkan pengalaman kami setelah dilakukannya pengukuran menggunakan multitester terjadi masalah pada jalur audio yang putus.

3. Fitur Mute pada Televisi Aktif

Biasanya pada masalah menggunakan fitur mute ini terlalu rendah menurunkan volume suara hingga 0 sehingga suara tidak keluar. Bahkan sering juga terjadi ketidak sengajaan menekan tombol mute sehingga suara TV menjadi hilang.

Setelah kita mengetahui tentang penyebab permasalahan Suara TV hilang, sekarang kita akan membahas pokok pembahasan yaitu mengenai cara memperbaiki tv tidak ada suara. Berikut penjelasannya.

Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara

Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara
Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara

Baca Juga Artikel Kumpulan Kode Servis: Cara Mudah Masuk Menu Service Mode (Sermod) Semua Merk TV.

1. Fitur Mute Tidak Aktif

MutePada Remote TV
MutePada Remote TV.

Hal yang paling mendasar adalah memastikan bahwa fitur mute pada televisi tidaklah aktif. Biasanya pada masalah menggunakan fitur mute ini terlalu rendah menurunkan volume suara hingga 0 sehingga suara tidak keluar. Bahkan sering juga terjadi ketidak sengajaan menekan tombol mute sehingga suara TV menjadi hilang. Untuk mengatasi peramasalahan ini Anda bisa mengeceknya dengan mengeraskan volume TV Anda.

2. Menghidupkan Ulang TV

Menghidupkan Ulang TV
Menghidupkan Ulang TV

Setelah memastikan bahwa suara tidak termute, sebaiknya Anda menghidupkan ulang TV Anda yaitu dengan cara tekan power of pada TV kemudian cabut kabel tv dari aliran listrik dan tunggu beberapa menit, setelah itu pasangkan kembali dan tekan Power ON pada TV.

Jika tidak berhasil, sebaiknya tunggu beberapa jam hal ini dikarenakan bertujuan untuk mendinginkan mesin TV dan komponen-komponen di dalamnya.

3. Periksa Keadaan Speaker

Periksa Speaker TV
Periksa Speaker TV

Untuk memeriksa keadaan speaker Anda bisa menggunakan Ohm Meter. Jika keadaanya masih menyambung berarti keadaan speaker masih bagus, jika tidak menyambung maka bisa dipastikan kondisi speaker tidak bagus.

Speaker mati atau rusak sering terjadi pada TV yang menggunakan 1 loudspekaer saja, maka mengakibatkan kinerja speaker menjadi berat, sedangkan yang mempunyai 2 speaker jarang sekali ditemukan loudspeaker mati, jika TV menggunakan 2 speaker dan tidak ada suara berarti ada masalah di blok audio speaker.

4. Periksa Kabel RCA

Periksa Kabel RCA
Periksa Kabel RCA

Kabel RCA adalah kabel yang berfungsi untuk mengirim sinyal dalam bentuk suara dan gambar. Dalam kasus hilangnya suara TV sebaiknya periksa juga kabel RCA Anda, untuk memeriksa kabel RCA Anda bisa menyentuh jack RCA pada bagian warna merah dan putih, apabila terdengar suara berarti ada masalah pada inputannya. Kerusakan pada kabel input ini biasanya mengeluarkan dengungan atau kemresek pada speaker. Untuk mengatasinya yaitu dengan cara mengganti kabel RCA yang baru.

5. Solder Kembali Kaki IC Audio Yang Kurang Menempel

Solder Kaki IC Audio
Solder Kaki IC Audio

Ada juga kasus tv tidak ada suaranya dikarenakan IC Audio kurang menempel dengan sempurna, oleh karena itu sebaiknya solder ulang kaki IC Audio sehingga menempel dengan sempurna. Biasanya hal ini terjadi pada TV tabung. Kenapa Hal tersebut terjadi? Hal ini terjadi di karenakan kaki IC audio tersebut mengalami korosi akibat dari PCB yang lembab dan keadaanya kotor, sebelum Anda mensolder sebaiknya dibersihkan dahulu kaki IC Audio tersebut menggunakan sikat.

6. Reset Sound pada TV LED

Reset Sound TV
Reset Sound TV

Jika TV yang tidak ada suara tersebut berjenis LED Anda bisa menggunakan fitur Reset Sound yaitu guna mengatur suara ke pengaturan pabrik, sehingga suara menjadi normal kembali.

7. Cek Tegangan Jalur Audio

TV mengalami hilang suara bisa juga diakibatkan dari jalur tegangan IC yang putus, jalur IC ini perlu di periksa karena jalur ini berfungsi untuk mensuplai tegangan ke audio. Untuk tegangan IC audio yang normal antara di angka 12 – 15 volt arus DC.

Demikianlah 7 cara memperbaiki TV tidak ada suara beserta penyebabnya. Langkah-langkah diatas yang sudah kami jelaskan berdasarkan pengalaman kami dan itu untuk semua merk TV LED, LCD maupun tabung. Kami berharap artikel kami ini dapat membantu Anda untuk dapat mengembalikan suara TV yang hilang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!