4 Strategi Pemasaran Makanan Khas Daerah

Tak jauh berbeda dengan strategi pemasaran secara umum, strategi pemasaran makanan khas daerah tidak terlalu menyulitkan.

Akan tetapi, tentu kamu perlu melakukan beberapa modifikasi dan juga penyesuaian agar tepat dengan produk khas daerah yang kamu targetkan. Hal ini akan mudah kamu lakukan saat tengah menjalani, karena ada sinkronisasi antara praktik lapangan dengan penyesuaian teori.

Dan dikesempatan kali ini hastag.id bakal mengupas 4 strategi pemasaran makanan khas daerah yang kamu miliki.

4 Strategi Pemasaran Makanan Khas Daerah

1. Jaga dan Tingkatkan Kualitas Produk

strategi pemasaran makanan khas daerah kualitas produk

Kualitas produk tentu merupakan hal yang sangat krusial. Semakin baik kualitas sebuah produk yang kamu buat di mata konsumen, tentu akan mendukung dan mempermudah strategi pemasaran yang kamu jalankan.

Kamu juga dapat berbagi mengenai value dari produk yang kamu pasarkan dan mungkin tidak dimiliki oleh kompetitor-kompetitor lainnya.

2. Gunakan Media Sosial

strategi pemasaran makanan khas daerah media sosial

Memasuki tahun 2022 ini, tentu kebanyakan bahkan hampir secara merata semua orang terhubung dengan internet.

Menurut data yang ada lebih dari 70% penduduk Indonesia merupakan pengguna aktif internet. Dan tak salah lagi, kategori terbanyak yang paling sering di kunjungi oleh masyarakat Indonesia adalah media sosial.

Agaknya, media sosial telah menjadi tren kekinian bagi kelompok besar masyarakat Indonesia sehingga orang modern saat ini “mesti” aktif di dunia media sosial.

3. Kerjasama Agen Perjalanan

strategi pemasaran makanan khas daerah kerjasama agen perjalanan

Tak ayal, sebagian besar masyarakat Indonesia hingga saat ini masih menggunakan agen travel bila hendak bepergian jauh, seperti saat berlibur.

Selain akan kemudahan yang ditawarkan, tentu menggunakan agen travel juga membuat orang lebih nyaman dalam menikmati perjalanan liburan, apalagi dengan rombongan yang berjumlah cukup ramai.

Nah, dikondisi ini pun kamu dapat melakukan strategi pemasaran dengan mencoba bekerjasama untuk menjangkau wisatawan baik lokal maupun Internasional.

4. Endorsement / Paid Promote

strategi pemasaran makanan khas daerah endorsement

Secara umum, kebanyakan pemilik akun dengan followers yang banyak memiliki jangkauan audiensi se-Indonesia.

Namun, kamu tetap harus menyeleksi akun dengan followers lokal. Pemilihan akun-akun lokal ini untuk meningkatkan tingkat segmentasi yang cocok degnan market utama kamu.

Dalam memilih lokasi iklan, kamu tidak hanya harus memperhitungkan budget semata, namun juga mencari tampat iklan yang worth it dengan apa yang telah kamu keluarkan.

Kesimpulan: 4 Strategi Pemasaran Makanan Khas Daerah

Demikian itu tadi pembahasan hastag.id mengenai strategi pemasaran makanan khas daerah buat kamu.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan bisa menjadi bekal kesuksesan bisnis kamu. Semangat berbisnis!

error: Content is protected !!