Sebutkan 7 Manfaat Media Sosial

  • Bagikan
7 manfaat media sosial
Profile page on social media or online portal. Man reading feed, status update or post with mobile phone. Follow, like or send friend request. Using personal or professional business network website.

Selain kehadiran media sosial bak angin segar bagi mayoritas orang, ternyata ada 7 manfaat media sosial yang bisa kamu manfaatkan. Baik membangun atapun memperluas jaringan profesionalitas kerja.

Melalui media sosial, kamu dapat memiliki kontak baru, rekrut karyawan, hingga mendapatkan pekerjaan. Semua bisa kamu dapatkan tanpa perlu mengeluarkan biaya lebih.

Dengan kata lain, media sosial merupakan komponen penting dalam perluasan jaringan profesional, peningkatan kesuksesan karir bahkan pengembangan karir di masa mendatang.

Apakah kamu sependapat dengan peranan media sosial yang benar-benar hebat ini?

atau, kamu masih meragukan keuntungan yang hadir bersama dengan media sosial?

Bila memang kamu masih meragukannya, yuk simak 7 manfaat media sosial berikut ini agar kamu mendapatkan wawasan baru dan terlepas dari dampak negatif media sosial.

1. Tetap Berkomunikasi dengan Kolega

Ada berapa banyak sih teman lama kamu yang masih menjalin interaksi atau setidaknya masih ada kontak di ponsel?

Mungkin secara total hanya dapat dihitung dengan jari saja, ya? Nah, di era digital yang menjadikan media sosial berada di tengah-tangah kehidupan ini, tentu memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mencari teman lama, bertegur sapa atau mungkin bertatap muka kembali.

Ini merupakan salah satu dari 7 manfaat media sosial. Dan tak hanya media sosial seperti Facebook atau twitter saja. bagi kamu yang menganut profesionalitas kerja pun dapat menemukan kontak teman lama melalui LinkedIn.

Bisa saja teman lama yang dulu akrab kini telah menjadi Direktur dari sebuah perusahaan.

Pun sebaliknya, teman lama yang sedang mencari kamu pun bisa menjadikan media sosial untuk mencarimu.

2. Menemukan Kandidat untuk Pekerjaan

7 manfaat media sosial kandidat

Apakah kamu berencana menjadi Entrepreneurship, pebisnis, pemilik perusahaan atau HRD?

Ternyata 7 manfaat media sosial lainnya adalah dapat memudahkan kamu untuk mencari kandidat berkualitas untuk mengisi posisi pekerjaan yang tengah ditawarkan.

Hadirnya media sosial tak lagi mengharuskan kamu untuk memasang iklan lowongan kerja melalui koran ataupun majalah.

Semua dapat dengan mudah diakses hanya melalui sentuhan jari, dan berbagai lowongan pekerjaan dari berbagai perekrut yang berbeda pun dapat hadir di depan mata.

Misal saja LinkedIn, dengan media sosial profesional ini kamu dapat dengan mudah melakukan seleski kandidat yang berkualitas dan cocok dengan budaya kerja perusahaan.

3. Menemukan Pekerjaan Baru

Atau mungkin kamu sedang mencari pekerjaan baru?

Kamu pun tak perlu khawatir dan bersusah payah untuk mencari pekerjaan dengan berjalan kaki dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya.

Hal ini sangatlah ketinggalan zaman, yang kamu perlukan hanya perlu duduk dan mencari dengan ponsel atau laptop ke situs pencarian kerja, memasukkan lamaran kerja.

Bagaimana? hal yang sangat sederhana dan mudah ini juga merupakan 7 manfaat media sosial lho.

4. Membangun Portfolio Online

7 manfaat media sosial membangun portfolio

Media sosial memberikan bantuan yang sangat banyak, termasuk dari 7 manfaat media sosial juga adalah membangun portfolio.

Di dunia online, kamu dapat menampilkan apa keahlian yang dimiliki? apa yang ingin dicapai? bagaimana kesan kita di mata rekan kerja atau kerabat?

Semua dapat kamu tata dengan rapih melalui media sosial. Alhasil, bila kamu ingin memperluas jaringan profesional, meningkatkan karir bisnis atau mencari pekerjaan baru, kamu dapat mengajukan portfolio dengan mudah dan baik.

5. Bergabung dengan grup Bermanfaat

Dalam media sosial, akan sangat dimungkinkan bagi para penggunanya untuk membuat grup-grup yang bermanfaat sesuai dengan minat dan profesi.

Misalnya saja, kamu suka memasak, maka dapat bergabung dengan grup masak yang ada di Facebook. Selain itu, mungkin kamu juga tertarik untuk mengikuti komunitas pembaca buku, penyuka warna biru, dan lain sebagainya.

Nantinya, kamu dapat saling berbagi informasi dengan anggota grup lainnya terkait profesi maupun minat yang tengah kamu geluti.

Media sosial membuat para penggunanya lebih mudah untuk bertemu dengan orang-orang yang sepemikiran tanpa perlu keluar dan mencari teman dengan ketertarikan yang serupa.

6. Mengembangkan Koneksi Sosial

7 manfaat Media sosial lainnya adalah dapat membantu kamu mengembangkan koneksi sosial dari waktu ke waktu.

Tak sulit untuk mencari teman di era modern saat ini, cukup dengan mengakses internet melalui gadget, kamu dapat mencari berbagai macam orang untuk dijadikan teman.

Hebatnya lagi, tak hanya teman yang domisilinya berdekatan saja. Bahkan kamu dapat berkomunikasi dengan orang yang hidup di belahan dunia lain, mempraktikkan kemampuan berbahasa asing atau mempelajari hal baru dari mereka.

7. Memberi Kesempatan Konsumen untuk berinteraksi dengan Produsen

Kritik dan saran tak lagi hanya disampaikan melalui telepon atau email saja. Dengan hadirnya media sosial, tentu memberikan kemudahan interaksi antara konsumen dengan produsen.

Apabila konsumen ingin memberi kritik atau saran, mereka dapat langsung menuju facebook, twitter maupun instagram produsen untuk menyampaikannya.

Bahkan, respons yang diberikan produsen bisa lebih cepat dari pada sekedar email atau telfon.

Begitu pula dengan produsen yang ingin membagikan promo atau hadiah bagi para konsumen setianya, akan sangat mudah dengan adanya fitur post di media sosial.

Salah satu penelitian Cone Business menunjukkan bahwa “93% masyarakat Amerika percaya bahwa perusahaan harus memiliki akun media sosial” dan “83% percaya bahwa perusahaan-perusahaan ini harus menggunakan layanan media sosial untuk berinteraksi dengan konsumen”

Dari responden penelitian didapatkan data sebagai berikut:

  • 60% masyarakat Amerika secara teratur berinteraksi dengan perusahaan melalui situs media sosial.
  • 43% konsumen mengatakan bahwa perusahaan harus menggunakan media sosial untuk menyelesaikan masalah konsumen, dan
  • 41% percaya bahwa perusahaan harus menggunakan platform media sosial untuk emminta umpan balik tentang produk dan layanan mereka.
7 manfaat media sosial kesimpulan

Huft, lumayan banyak pembahasan 7 manfaat media sosial kali ini. Semoga memberikan banyak bantuan untuk perkembangan bisnis dan peningkatan karir kamu.

Sekarang, tinggal bagaimana diri bijak dalam menggunakan media sosial agar tak merugikan diri sendiri ataupun orang lain.

Tetap semangat yahh!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!